Thursday, August 18, 2005

Thought about future

Dari seluruh misteri bagi manusia, ada satu misteri yang sangat ingin diketahui oleh seluruh manusia, namun, sampai saat ini misteri itu masih tidak dapat dipecahkan. Misteri ini dapat menentukan banyak hal yang akan dilakukan oleh seorang manusia. Misteri tersebut hanya dapat terbuka oleh dimensi waktu yang terus bergerak. Misteri yang saya bicarakan di sini adalah: masa depan.


Tak terhitung berapa kali kita telah mencoba berpikir mengenai masa depan, entah dalam jarak dekat, yang tidak sampai satu detik setelah kita berpikir, ataupun dalam jarak yang luar biasa jauhnya, yang tidak mungkin kita lalui dengan tubuh kita yang memiliki batasan umur.

Untuk saya, pikiran mengenai masa depan yang paling sering mengusik adalah kehidupan selepas sekolah nanti. Entah sudah berapa kali saya memikirkan mengenai hal ini, mulai dari SD, yang dipenuhi mimpi-mimpi indah menjadi orang yang luar biasa sukses, tanpa memikirkan apa yang harus dilakukan, masa SMP, yang sudah mulai memikirkan jenis pekerjaan apa yang akan saya ambil, dan sampai sekarang, di masa SMA, yang sudah memikirkan apa yang harus diambil, dan pendidikan apa yang haru diemban agar dapat menjalankan apa yang diinginkan itu. Entah sudah berapa kali terbesit di benak saya mengenai hal ini, sampai tidak terasa bahwa waktu yang selalu saya pikirkan itu sudah akan tiba tak lama lagi.

Memang, saat ini sudah terbayang apa yang akan saya ambil dalam waktu yang kurang dari satu tahun ini, namun, di dalam bayangan itu, sering muncul keraguan di dalam hati, apakah itu merupakan pilihan yang benar? apakah itu akan membawaku kepada kehidupan yang baik? Apakah seharusnya aku memilih jalan yang lain? Dengan pemikiran seperti ini, kadang muncul harapan untuk dapat melihat ke masa depan, untuk mengetahui apakah jalan yang telah kuambil merupakan jalan yang benar, ataukah malah saya akan menempuh jalan yang lain untuk mendapatkan hidup yang lebih baik.

Namun, saya juga menyadari bahwa untuk mengetahui masa depan itu sangat tidak mungkin. Memang saya tahu di dunia ini telah ada yang namanya peramal, yang katanya dapat menyibak kabut masa depan, namun, bagi saya mereka itu nothing more than just a bullshit.
Memang, masa depan adalah misteri, yang selalu ingin diungkap manusia, namun ditakdirkan untuk tidak pernah terungkap, sampai saatnya masa depan itu tiba ke masa kini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home